Pelaksanaan Sosialisasi Pengisian Portofolio Dosen pada laman SISTER Universitas Nasional

By BSDM Administrator Agu9,2022

Jakarta (UNAS) – Setiap dosen dapat menggunakan SISTER untuk membangun portofolio dengan mengkompilasi seluruh aktivitas tridarma perguruan tinggi yang pernah dilakukan. Portofolio tersebut nantinya masih bisa dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Integrasi sistem antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan membantu mengurangi beban dosen dalam hal pengisian portofolio.

SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi, yang mana SISTER ini adalah program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang biasa kita kenal dengan Kemenristekdikti yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Aplikasi SISTER ini, nantinya akan digunakan menjadi sumber sistem yang berisi portofolio para tenaga pendidik di Indonesia.

Aplikasi ini memungkinkan setiap layanan saling terhubung sehingga akses portofolio dosen, data-data formal seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat terlihat yang akhirnya mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir pada dosen yang bersangkutan.

Menindaklanjuti Surat Kepala LLDIKTI Wilayah III Nomor : 3239/LL3/PT.00.01/2021 tanggal 24 Juni 2021 perihal pelaksanaan Pedoman Operasional BKD Tahun 2021 dan Pelaporan BKD melalui laman Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER), Biro Administrasi Sumber Daya Manusia Universitas Nasional yang dipimpin oleh Ir. Tri Waluyo, M.Agr, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi secara daring pada hari Selasa (04/01) yang diikuti oleh seluruh dosen NIDN/NIDK dilingkungan Universitas Nasional. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Eko Sugiyanto, M.Si, selaku Warek II dan Dr. Suryono Efendi, S.E., M.M selaku Warek I.

Related Post